Senin, 27 November 2017

DIDUGA AKIBAT KORSLETING GENSET, SEBUAH GUDANG DAN DAPUR MILIK WARGA DI DESA MATUNGKAS LUDES TERBAKAR.

Foto gudang dan dapur yang terbakar, diduga akibat korsleting genset
Foto : Doc. Sium Polsek Dimembe

Dimembe Tribratanews - Senin, 27 Nopember 2017, Diduga akibat korsleting genset, sebuah gudang dan dapur milik seorang warga yang berada di Desa Matungkas Jaga II Kecamatan Dimembe Kabupaten Minut ludes terbakar.

Foto gudang dan dapur yang terbakar, diduga akibat korsleting genset
Foto : Doc. Sium Polsek Dimembe

Kebakaran kembali terjadi, kali ini menghanguskan gudang dan dapur milik keluarga Kambey-Kamagi yang berada di Desa Matungkas Jaga II Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Senin (27/11/2017 14:45).

Mendapat informasi perihal terjadinya kebakaran, Kapolsek Dimembe AKP Saguh Rianto bersama dengan beberapa anggota yang sedang piket saat itu langsung bergerak menuju lokasi terjadinya kebakaran dan setibanya dilokasi langsung mengadakan pengamanan lokasi.

Dari hasil penyelidikan dilokasi kebakaran, informasi yang diperoleh dari pemilik rumah yaitu Albert Kambey, saat itu sekitar pukul 14.30 wita sedang terjadi pemadaman listrik, kemudian lelaki Albert pergi untuk menghidupkan genset yang saat itu diletakkan didalam gudang yang bersebelahan dengan dapur miliknya, kemudian lelaki Albert kembali kedalam rumah dengan maksud untuk menghidupkan TV, tidak lama kemudian TV yang dia hidupkan tersebut kembali mati, sempat terfikir bahwa genset yang dia hidupkan tersebut tidak bekerja dengan baik, maka ia kembali kedalam gudang untuk memeriksa genset tersebut.

Setibanya di depan gudang dan saat membuka pintu gudang, dia terkejut karena didalam gudang tempat genset tersebut berada, api sudah berkobar dan membesar. Khawatir dengan hal buruk yang akan terjadi kemudian, maka lelaki Albert bergegas menuju kedalam rumah bermaksud untuk menyelamatkan barang berharga sambil berteriak untuk meminta pertolongan warga sekitar.

Sekitar pukul 15.00 wita satu unit pemadam kebakaran tiba dilokasi dan bersama dengan warga sekitar berusaha untuk memadamkan kobaran api yang semakin membesar, bersyukur letak posisi gudang terpisah dengan rumah induk sehingga api hanya membakar gudang dan sebagian dapur yang kebetulan bersebelahan dengan dapur miliknya.

Pada kejadian tersebut tidak ditemukan adanya korban jiwa, dan kerugian yang dialami sekitar 10.000.000,- Sepuluh Juta Rupiah.

Seringnya kasus kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting genset, Kasium Dimembe Bripka Tony Suharsono berbagi beberapa tips disiplin pemakaian dan pemeliharaan genset baik rumahan, perkantoran maupun pertokoan antara lain :
~ Gunakan kabel listrik yang memadai untuk menyalurkan listrik dari genset;
~ Hindarkan atau jauhkan genset dari benda yang mudah terbakar Clean Operation);
~ Sediakan alat pemadam rumahan, letakkan tidak jauh dengan genset dan mudah untuk dijangkau;
~ Bersihkan genset secara berkala;
~ Untuk genset yang dilengkapi sytem safety, lakukan tes secara berkala minimal satu bulan sekali.



Tidak ada komentar:

"SIReMiTa"

"SIReMiTa"
Silahkan Download aplikasinya dengan klik gambar diatas ...

Arsip